Thursday, March 3, 2016

Sudah Tugas Setan



Pagi ini chat dengan teman tentang beberapa hal.
Dari mulai bahas tentang kejadian yang kemarin dia alami di kantor, puisi terakhir WS Rendra sebelum dia berpulang, sampai akhirnya bahas tentang 'tugas setan'.
[Hehehe, cewek kalo udah chat adaaa aja yang dibahas yaa...]

Lah kok terus ujung-ujungnya bahas tentang tugas setan itu gimana?

Iyya, jadi ceritanya sang teman ini kemarin dapat musibah *uangnya hilang di kantor. 1/3 dari gaji yang mau disetorkan ke bank untuk ditabung dan dia simpan di laci, raib saat dia sholat Dzuhur.
Teman ini mengikhlaskan kehilangan itu karena dia tahu bahwa memang sebagian dari harta yang dia miliki adalah hak orang lain. Jadi dia menganggap kehilangan itu sebagai bentuk sedekahnya.

She said:
"Ya wes, anggep aja bukan rejeki. Anggep itu hak orang lain biar ga nyesel"
"Alhamdulillah aku ikhlas, semoga bermanfaat buat yang ngambil"
"Innalillahi aja, semua dari Allah dan akan kembali kepada Allah"

Wohohoho... Keren yah :)

Dari situ bahasan kita berlanjut ke puisi terakhir WS Rendra yang notabene membuat sang teman selalu ingat 'Innalillahi', selalu ingat bahwa semua yang kita miliki adalah titipan.
Aku menimpali,
"Iya ya, kita lupa bahwa sebenernya kita ga punya apa-apa. Bahkan nyawa dan raga kita ini pun cuma titipan"
Dia mengimani.

Lalu mulailah bahas soal tugas setan.

Sebelumnya sang teman bilang bahwa kita butuh apapun untuk mengingatkan kita supaya iman kita tidak luntur. Salah satunya dengan berkumpul sama orang-orang sholeh supaya selalu diingatkan ke jalan yang benar. Aku setuju karena sebagai manusia, kita merupakan ladang khilaf. Kalau kita berbuat dosa, jangan salahkan setan yang sudah menggoda.
[Saat pembahasan inilah aku terkenang wejangan Bp. Ust. Rofiq waktu ada pelatihan di Batu Malang: Jangan mengkambinghitamkan setan yang menggoda manusia, karena memang sudah tugas setan menggoda kita. Dan keinginan setan untuk menggoda manusia itu sudah diijinkan Allah. Kita justru harus 'belajar' dari setan yang dari dulu sampai sekarang komit dengan janjinya untuk selalu menggoda manusia. Iya loh. Setan itu merupakan makhluk Allah yang menepati janji, Manusia kalah kalau soal itu. Kalau manusia seringnya janji ke gusti Allah mau tobat tapi tetep aja bermaksiat. Hahahaha...]

Jadi kesimpulan dari chat pagi ini, kita sebagai manusia harus mempertebal iman supaya tidak tergoda oleh setan. Sebab setan dengan tipu dayanya akan selalu berusaha melenakan manusia sampai akhir jaman.
Karena itu sudah tugas setan!


::[]::

#Sedekah
#IndahnyaBerbagi
#MempertebalIman

2 comments: